Selasa, 09 April 2013

AGAR PENGECATAN SUKSES


Jika Anda memutuskan untuk mendandani rumah dengan cat eksterior, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  1. Pengerasan (curing) semen pada plesteran dan acian harus sempurna. Minimal telah berusia 28 hari, agar    permukaan tembok tidak lembab. Bila diukur dengan protimeter (alat pengukur kadar air) hasilnya sudah    dibawah 18 %. Sedangkan alkali sebaiknya menunjukkan pH 7 sampai dengan 9.
  2. Pastikan bahwa permukaan yang akan Anda cat dalam kondisi bersih. Gosok permukaan tembok dengan kertas amplas  kasar atau siakt sambil diguyur air bersih. Kemudian keringkan dengan lap bersih.
  3. Perbaiki terlebih dahulu bagian-bagian yang mengalami kerusakan, misalnya dinding yang gompel/cuil.
  4. “Sembuhkan” dahulu penyebab kerusakan/masalah, sebelum Anda mulai mengecat. Contohnya bilah cat yang menggelembung disebabkan oleh kebocoran pip[a yang tertanam di dalam dinding, maka Anda harus memperbaiki      kebocoran itu lebih dahulu.
  5. Lakukan pengecatan saat hari cerah dan tembok dalam keadaan kering, sebaiknya tembok tidak langsung kena sinar matahari.
  6. Jangan menggunakan plamur (dempul) tembok, karena akan menyebabkan lapisan cat terkelupas, terkjadi warna belang atau tampilan yang kurang baik.
  7. Gunakan kuas dengan bulu dari nilon atau polyster untuk cat dengan binder (perekat) lateks. 
  8. Ada merk cat yang proses pengecatannya dibagi menjadi dua tahap, yaitu pemberian cat dasar dan cat akhir.Selang waktu antara aplikasi setiap lapis harus cukup lama, yaitu antarta 2-4 jam. Tetapi sebaiknya minimal    8 jam atau semalam.

Sumber : Tabloid Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar