Selasa, 09 April 2013

CAT EKSTERIOR


Apa yang pertama dilihat orang dari rumah Anda?
Tentu saja penampilan luarnya.
Karena itu agar terlihat cantik, gunakan cat yang tepat.


Sebenarnya, cat eksterior yang baik tidak sekadar menunjang penampilan yang oke. Lebih dari itu, cat eksterior berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan bangunan. Contohnya, cat yang baik akan membuat dinding tidak mudah lapuk sehingga kelembaban tidak menembus ke dalam ruangan. Cat kayu eksterior yang baik juga mencegahserangan rayap rumah Anda.



Komponen Penyusun

Menurut Harry Tanu Prayogi Direktur CV Mowilex, secara umum cat eksterior terdiri dari 4 komponen penyusun.

1.    Perekat (Binder)

Bahan perekat yang baik untuk cat eksterior adalah lateks. Saat ini lateks umumnya terbuat dari bahan sintetis, yakni akrilik. Biasanya, pada kaleng kemasan cat eksterior yang baik tertulis 100% acrylic.
Lateks berkualitas tinggi yang dikandung cat, akan member daya rekat yang kuat terhadap permukaan yang dicat. Dengan kata lain, cat tidak mudah mengelupas. Selain itu, lateks yang baik dapat mengikat partikel zat warna lebih kuat sehingga menghasilkan warna cat yang dapat bertahan lama (tidak cepat menguning).
Cat dengan binder lateks, akan cepat mongering ketika diaplikasikan. Jenis ini tahan terhadap terpaan cuaca. Namun, tak ada gading yang tak retak. Kelemahan cat jenis ini adalah mudah tergores dan ternoda (dibandingkan cat oil based).

2.    Pigmen

Pigmen terbagi menjadi dua bagian.
a.       Zat warna
Aslinya, cat tidak memiliki warna. Pigmen adalah adalah zat yang ditambahkan, agar cat bisadisebut berwarna biru, merah dan seterusnya.
b.      Pengisi (filler)
Ditambahkan untuk membantu daya tutup permukaan dari cat. Yang biasa digunakan untuk pengisi ini adalah kapur. Cat yang murah biasanya menggunakan filler lebih banyak daripada zat warnanya. Inilah yang kelak akan menyebabkan dinding anda mengapur.

3.    Pengencer

Berfungsi sebagai penentu kekentalan dari cat. Bahan yang digunakan umumnya adalah air.

4.    Bahan Pembantu (additive)

Adalah bahan-bahan tambahan yang dimasukan  untuk meningkat mutu cat. Misalnya anti bakteri, anti jamur, dan zat pengawet. Perbedaan cat interior dan ekterior terletak pada bahan perekatwq dan bahan tambahan. Cat interior umumnya menggunakan bahan non acyrilc sebagai binder. Kemudian untuk bahan tambahan, zant anti zamur dan bakterinya tidak sebanya zat eksterior.

Pilihan Warna

Warna-warna cerah yang berasal dari pigmen organic —seperti biru dan ungu— kurang tahan bila dipakai  untuk ekterior. Warna yang berasal dari pigmen organic sangat peka terhadap garam-garam yang keluar  dari tembok. Kandungan garam yang ada pada tembok berasal dari air yang digunakan untuk campuran adukan semen. Misalnya air yang diambil dalam tanah yang berlokasi dekat pantai, biasanya sudah bercampur dengan air laut sehingga kadar garamnya tinggi. Meskipun pada saat tembok telah kering, tetapi jika ada retak rambut, maka garam-garam ini akan keluar dan bereaksi dengan cat.
Warna-warna yang lebih “tahan banting” adalah warna yang berasal dari pigmen anorganik. Warna seperti merah dan cokelat tanah berasal dari logam seperti besi oksida yang mempunyai sifat menyerap sinar ultra violet, sehingga melinndungi lapisan cat dari kerusakan yang disebabkan matahari. Namun, warna pigmen anorganik biasanya terlihat kurang cerah atau agak kusam. Sedikit tips, untuk rumah di daerah yang panas, pilihlah cat berwarna terang untuk eksterior sehingga tidak menyerap panas.

Arah Hadap Bangunan

Arah hadap bangunan  terhadap penjuru mata angin juga sangat mempengaruhi ketahanan warna cat pada permukaan tembok. Tembok bangunan yang menghadap ke utara akan mendapat sinar secara langsung. Hasilnya, radiasi sinar ultraviolet akan menyebabkan warna cat  tembok lebih cepat pudar.
Sementara arah hadap barat dan timur menerima sinar matahari secara langsung lebih sedikit, sehingga warna cat tembok akan bertahan lebih lama dan yang paling sedikit mendapatkan sinar matahari langsung, sehingga warna cat tembok relatif paling awet.

Perawatan

Cat eksterior yang baik memiliki perbandinagn keempat komponen penyusun seimbang. Dengan perbandingan yang tepat itu, cat eksterior dapat dirawat cukup hanya dengan disikat plus diguyur air untuk membilas.
Untuk pembersihannya, gunakan saja sabun biasa. Jangan gunakan bahan kimia — seperti porstex— karena bias memperpendek usia cat.

Sumber : Tabloid Rumah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar